Mengenal Sejarah, Pengertian dan Fungsi Flasdisk

Pertama kali flasdisk beredar dipasaran sekitar  tahun 2000-an memiliki kapasitas yang kecil sekitar 8mb, namun sekarang keberadaan flasdisk semakin berkembang dengan pesat dengan kapasitas yang cukup besar yaitu mencapai 2 TB.

Perkembangan flasdisk saat ini terus mengalami perkembangan dalam modifikasi baik dari desain fisiknya maupun fungsinya, sehingga flasdisk menjadi produk yang di komersilkan

Produk flashdisk komersil pertama kali di produksi dan dipasarkan oleh Trek Teknologi dan IBM pada tahun 2000. Trek Teknologi memasarkan flashdisk dengan nama Thumbdrive. IBM memberi nama DiskOnKey, dengan kapasitas 8mb. Ukuran ini masih lebih besar lima kali dari penyimpanan data disket pada waktu itu

Dalam perkembangan teknologi flashdisk ini menggunakan standar pentransfer data  serial mampu mentransfer data dengan frekuensi clock 480 Mb perdetik. Generasi  berikutnya mampu mentransfer data dengan kecepatan yang bervariasi.

 

Pengertian dan Fungsi Flash Disk

Flashdisk merupakan perangkat keras untuk penyimpanan data dan juga digunakan untuk menginstall system operasi. Bentuk flasdik dalam perkembangannya di pasaran memiliki bentuk yang beragam dan unik.

Flashdisk di pasaran sering juga disebut USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive. Namun nama yang lebih popular dengan sebutan flashdisk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *